Minggu, 16 Desember 2007

tips Memilih Komputer

Mobo baru selalu lebih baik dar mobo lama?

Kenyataan :

iya, Mobo keluaran baru selalu menawarkan berbagai perbaikan dan fitur baru dibanding mobo keluaran terdahulu terutama untuk kelas high end. Tetapi mobo keluaran baru biasanya masih membawa bug dan harga jenis high end akan terkoreksi dengan tajam jika telah muncul mobo seri yang lebih baru. Misalnya mobo intel dengan basis chipset i965 dijual awalnya dengan harga 1,2-1,8 juta dengan keluarnya chipset baru dari intel dengan ip35 jika anda berniat untuk upgrade dan menjual mobo lama anda maka harga mobo anda drop di harga kisaran 700rb.

Saran :

Jadi kesimpulanny mobo jenis ini tidak cocok buat anda yang sensitif harga karena selain mahal banyak fitur dan sumberdaya dari mobo ini yang terbuang percuma karena tidak termanfaatkan. Jika anda hanya menggunakan PC untuk keperluan mengetik sebaiknya anda mencari motherboard yang biasa biasa saja seperti i945 (Onboard GMA 950) atau nVidia C51 (Onboard Geforce 6100) karena perbedaan mobo High end dengan low end saat ini tidak terlalu terasa secara kasat mata jika hanya digunakan untuk keperluan komputansi standar.

Processor : clock speed bukan segalanya

Kenyataan :

Kecepatan processor anda akan dipengaruhi arcitechture, chace, clock speed, fsb, jumlah Pipeline dll Anda bisa bandingkan bahwa kinerja dari pentium D dualcore 2.66 ghz kalah kencang dari pentium e2140 yang clock spéed 1.6 ghz padahal kedua proc itu dijual dengan harga yang sama ( kisaran 600rb). Pentium D juga tidak disarankan untuk dipilih karena panas dan bising

Saran :

Sebaiknya anda bertanya tanya dahulu sebelum membeli. Jika anda menggunakan komputer anda sebatas untuk komputasi umum seperti mengetik dan menginginkan harga serendah mungkin tidak ada salahnya anda memperhitungkan sempron LE-1100 yang dijual dengan kisaran 300 ribuan. Processor jenis ini memiliki konsumsi daya yang jauh lebih rendah dari processor jenis lain. Sebagai contoh sempron 3000+ membutuhkan daya 90 watt sedangkan sempron LE membutuhkan daya 45 watt.

Jika anda sangat menginginkan teknologi dual core solusi yang anda dapatkan sekarang adalah AMD athon X2 4000 dan Intel e2140. Jika anda menginginkan VGA yang lebih kuat sebaiknya anda memilih AMD base PC dengan nVidia 6100 karena VGA onboard ini jauh lebih bertenaga dibanding Intel Base PC dengan GMA 950

Vga : ram bukan faktor utama

Kenyataan

VGA dengan RAM besar hanya akan berguna jika anda sering memainkan game dalam resolusi tinggi. jika anda ingin memilih VGA sebaiknya hindari yang memiliki logo SE(special Edition), LE (limited Edition) karena VGA jenis itu hanya memiliki memori interface 64 bits. Performa VGA 128 bits memiliki performa sampai dua kali lipat VGA 64 bits walaupun kedua VGA itu berasal dari varian yang sama.

Saran :

tentu saja saya tidak akan menyarankan seorang membeli VGA geforce 8800GTX 640MB seharga 3jutaan hanya untuk mengetik dan menonton DVD kan? Jadi pilihlah dengan bijak. Untuk apa membeli VGA bagus jika anda tidak menggunakannya? Bukankah uang itu bisa anda alokasikan untuk membeli sebuah LCD 19” menggantikan monitor tua 15” anda misalnya?

Ram : DDR 2 belum tentu lebih baik dari DDR 1

Untuk sekarang hal tersebut tidak benar. DDR 2 dapat bekerja dengan voltase lebih rendah, clock yang lebih tinggi dan harga yang lebih murah. Kelemahan ddr 2 adalah latency-nya yang tinggi atau sering disebut timing kendor tapi proc sekarang rata - rata tidak membutuhkan timing yang ketat, proc sekarang punya kecenderungan lebih haus bandwitdh. Jadi tidak salah jika dikatakan DDR 2 lebih baik untuk pc generasi sekarang dibanding DDR 1

Saran :

Jika anda ingin membuat sebuah sistem baru buatlah dengan yang menggunakan RAM DDR 2

Power Supply : Bawaan casing saja cukup

Kenyataan :

Untuk anda yang membangun sebuah sistem low end ini bisa saja benar tapi untuk anda yang membangun sistem High end ini mutlak salah karena power supply bawaan casing tidak akan sanggup menyuplai hausnya daya peralatan high end anda. Jika anda memiliki uang sisa dalam menyusun sistem anda adalah sebuah tindakan bijak mengalokasikannya sebagian untuk membeli power supply berkualitas karena ini adalah investasi anda dalam memelihara komputer anda. Masalah yang sering timbul dari power supply abal abal adalah jika mati biasanya power supply itu membawa teman seperti motherboard, harddisk, VGA, atau bahkan processor salah satunya sering ikut mati.

Saran :

Jika anda memiliki dana yang berlebih tidak ada salahnya anda membeli power supply berkualitas. Lebih baik lagi jika anda mulai menyusun sistem anda dengan memasukan post power supply karena biasanya toko mau membeli power supply bawaan casing seharga minimal 50rb (tergantung negosiasi anda) bukankah itu merupakan pos penghematan dibanding anda membeli belakangan?

Tidak ada komentar:

Google